Kamis, 03 September 2015

BAHAN PEREDAM SUARA RUANGAN KELAS

Banyak dari ruangan kelas sekolah dan universitas yang tidak memakai bahan peredam suara ruangan. Padahal ruangan kelas membutuhkan ketenangan dalam ruangan dan kejelasan artikulasi suara ruangan sehingga proses belajar mengajar dari pendidik ke siswa bisa berjalan maksimal tanpa gangguan suara. Sayangnya sejak awal dibangun ruangan kelas sekolah dan univertitas jarang yang melibatkan konsultan peredam suara sehingga akibatnya ruangan kelas jadi bising dan konsentrasi siswa tidak maksimal. 

Pentingnya bahan peredam suara dalam ruangan kelas:
1. Peredam suara berfungsi memblok suara agak suara dari luar dan dalam ruangan tidak masuk ke dalam kelas. Umumnya kelas sekolah, universitas, kursus tidak menggunakan bahan peredam suara untuk menciptakan keheningan dan membuat kenyamanan konsentrasi sekolah. Kebisingan suara menjadi salah satu faktor tidak adanya konsentrasi siswa.

Peredam suara ruangan kelas dapa dipasang di lapisan dinding, plafon atau pintu dan jendela. Dengan membuat ruangan kelas menjadi lebih kedap, konsetrasi siswa dapat lebih terjamin dan tidak terganggu. Sebaliknya suara bising yang masuk ke ruangan kelas bisa membuat siswa cerdas menjadi malas akibat tidak adanya ruang konsentrasi.
http://bahanperedamsuara.blogspot.co.id/

2. Akustik ruangan. Proses belajar mengajar siswa dari mulut pengajar ke siswa sering tidak bisa didengar baik. Hal ini bukan salah dari siswa yang tidak mau mendengarkan namun akibat suara artikulasi guru tidak terdengar sampai ke telinga dengan baik. Masalah akustik suara ruangan menjadi penyebabnya. Maka tekniknya adalalh memasang panel akustik ruangan untuk menciptakan ruangan kelas yang terdengar jelas dari guru ke siswa tanpa bantuan speaker.

Formasi akustik dalam ruangan kelas berbeda dengan formasi akustik ruangan lain karena perbedaan fungsi. Fungsi utama akustik ruang kelas adalah untuk menciptakan komunikasi dua arah dari guru/dosen ke siswa/mahasiswa dan sebaliknya. Itu sebabnya, kriteria akustik yang diperlukan untuk ruang kelas akan sangat bervariasi bergantung pada level kegiatan pendidikannya. Ruang kelas untuk siswa Playgroup dan TK, akan berbeda dengan untuk SMA ataupun Universitas. Apabila proses pembelajaran lebih dominan dari arah guru/dosen maka formasi berikut dapat digunakan: Elemen Pemantul atau Penyebar pada dinding depan, samping serta langit-langit depan. Elemen penyerap atau penyebar pada dinding belakang serta langit-langit belakang. Lantai bisa keramik atau parket atau karpet.

Untuk menciptakan ruangan kelas sekolah dan universitas yang menunjang konsentrasi siswa diperlukan pemasangan peredam suara dan formasi panel akustik yang benar. Untuk anda yang membutuhkan jasa peredam suara, maupun pemasangan panel akustik dan atau peredam gema, silahkan hubungi kami. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...